Langsung ke konten utama

PROPOSAL USAHA ISI ULANG AIR MINUM



Latar Belakang
Dalam era pembangunan dan perindustrian pada saat ini telah meningkatkan taraf hidup manusia, akan tetapi pembangunan menjadi suatu dampak pencemaran air yang sangat menyolok. Sungai-sungai dan sumber-sumber air banyak tercemar unsur kimia organik, non organik, logam berat, dan sebagainya yang dapat membawa kerugian fatal bagi tubuh manusia. Air yang tercemar bukan saja kehilangan daya detoksifikasinya untuk melancarkan metabolisme sel tubuh, tetapi juga merugikan tubuh kita.
Timbulnya berbagai permasalahan diatas menjadikan jutaan masyarakat saat ini telah membelanjakan uangnya hanya untuk mendapatkan air bersih untuk diminum sehari-harinya. Secara singkat dapat dikatakan air memegang peranan penting dalam tubuh sehingga perlu diperhatikan kebersihan dan higienitasnya. Mengabaikan peranan penting air berarti anda menampung berbagai sumber penyakit dimasa akan datang. Persiapan dana yang besar untuk mengobatinya, hilangnya hari-hari bahagia bersama keluarga dan bahkan akibat paling buruk, anda kehilangan mata pencarian karena fisik tidak menunjang serta menjalani hidup lebih lama ditempat tidur karena sakit.
Gambaran ringkasan cerita diatas bukan merupakan rahasia umum lagi untuk saat ini. Hampir seluruh pelosok masyarakat mengetahui bahwa tubuh kita memerlukan air bersih yang sesuai dengan metabolisme sel tubuh.
Tetapi yang dihadapi masyarakat saat ini adalah sulitnya untuk mendapatkan air bersih dengan biaya murah dan dapat terjangkau.
Dengan adanya temuan baru beberapa tahun yang lalu tentang teknologi penyaringan air bersih (air isi ulang) dengan investasi yang cukup murah dan dapat dijadikan sebagai home industri (usaha mikro) di lokasi-lokasi perumahan. Harga jual produk otomatis sangat murah dibandingkan produk yang bermerek. Dan diperkirakan permintaan akan produk air isi ulang akan terus meningkat sejalan dengan perkembangan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya air bersih untuk metabilosme sel-sel tubuh. Disamping itu, pemerintah sangat mendukung dengan adanya usaha ini “Masyarakat dapat hidup sehat dengan biaya hidup ekonomi rendah”.

KEPEMILIKAN USAHA
Proyek usaha air isi ulang ini merupakan usaha perorangan dimana pengurus usaha adalah anggota-anggota keluarga terdekat, yaitu:
Pemilik / Pimpinan Usaha: Wahyu Triyono (Suami)
Pengurus Harian: Elita Permatasari M. (Istri)
Karyawan:
Bagian Pengiriman:  - Ke Rumah-rumah: Joko Sartono (Adik)
                                  - Ke Perusahaan-perusahaan: Abu Aslam (Adik)

MODAL USAHA
Modal dasar usaha dan telah disetorkan sebesar Rp 85.000.000 (Delapan puluh lima juta rupiah) berupa:
1. Tanah seluas 60 m2 (tempat lokasi usaha) = Rp  45.000.000
2. Dana Kas & bank                                       = Rp  40.000.000 +
                                     Total                 Rp 85.000.000

Pemasaran
Lokasi Usaha Lama (sedang berjalan)
Permintaan air mineral (Air Isi Ulang) di daerah tempat kami saat ini cukup tinggi dan terus meningkat. Khususnya pada hari sabtu dan minggu atau hari libur, kami cukup kewalahan untuk melayani permintaan produk kami.
Lokasi usaha kami saat ini berada dalam tengah-tengah komplek yang jumlah Kepala Keluarga (KK) + 2000 KK dan sekitar luar komplek banyak bangunan kavling yang sudah terisi serta penduduk lama (Asli) yang berjumlah + 3000 KK.
Disamping itu diluar komplek banyak pabrik / perusahaan kecil yang memesan produk kami dan permintaannya cukup tinggi.
Jumlah permintaan air isi ulang berkisar 200 hingga 300 galon perhari atau 7.800 galon perbulan dengan Harga Jual Rp 3.000 pergalon diantar sampai ke tempat.
Sedangkan harga pokok 1 galon air adalah:
Air                               Rp      700
Tutup                          Rp       175
Tisu                             Rp        75
Pencucian Galon          Rp       100
                   Total        Rp    1.050

Historikal data penjualan 6 bulan terakhir adalah:
Bulan
Permintaan (Galon)
Total
(Galon)
Perumahan
Pabrik
Januari
4.503
2.250
6.753
Februari
4.512
2.050
6.562
Maret
4.601
2.350
6.951
April
4.930
2.300
7.230
Mei
5.253
2.250
7.503
Juni
5.526
2.275
7.801

Lokasi Baru (perluasan usaha)
Lokasi pembangunan usaha ini berjarak kurang lebih 5 km dari usaha yang lama. Permintaan akan produk air isi ulang pada lokasi baru ini diperkirakan akan lebih tinggi dari lokasi yang lama, karena lokasi baru merupakan jalan akses masuk pada perumahan dengan jumlah + 5500 KK dan disekitar perumahan banyak rumah kavling-kavling yang sudah terisi serta kondisi ekonomi dan sosial hampir sama dengan kondisi usaha yang sedang berjalan.

Pesaing
Pada lokasi baru ini belum ada usaha air isi ulang ataupun dalam proses pembangunan.

Segmentasi pasar
Segmentasi pasar produk Air Isi Ulang ini, yaitu:
a.       Pasar pemukiman / perumahan
b.      Pasar perusahaan / industri
Target penjualan
Target penjualan atau proyeksi volume penjualan pada lokasi baru ini diperkirakan setelah enam bulan operasi, yaitu :
Bulan
Proyeksi Penjualan (Galon)
Total
Penjualan
(Galon)
Pemukiman
Perusahaan
Agustus
5.100
2.900
8.000
September
5.380
3.020
8.400
Oktober
5.800
3.200
9.000
Nopember
6.150
3.350
9.500
Desember
6.640
3.560
10.200
Januari
6.990
3.710
10.700
Februari
6.340
3.860
10.200
Maret
7.690
4.010
11.700
April
7.900
4.100
12.000
Mei
8.040
4.160
12.200
Juni
8.250
4.250
12.500
Juli
8.460
4.340
12.800

Teknis
Teknologi dalam memproduksi Air Mineral Isi Ulang menggunakan teknologi gradation dan multy media filtration dengan pemrosesan system filtrasi sebanyak 16 kali serta penyaringan sampai dengan 0,1 micron melalui ultra violet sterilization sistem.
Spesifikasi nama-nama spare part air isi ulang:
Nama Barang
Jumlah
Keterangan
- Storage Tank
2 unit
Kap. 5200 lt, bahan prophelyne penghambat / ti lumut
- Final Tank
1 unit
Kap. 1200 lt, bahan stainless steel IC 304
- Filter Media Pre Treatment
3 unit
10 x 125 cm, tabung stainless steel ic 316
- Water Pump
4 unit
Foodgrade body stainless steel
- Ultra Violet Sterilization System
1 unit
Int’l standar industrial
- Cartridge Filter
13 unit
Polycarbon + Drat tembaga
- Water Press Control
1 unit
Menjaga kestabilan tekanan
- Dolomite
1 unit
Water level control
- Flow meter
1 unit
Water distribution
- Rak Cartridge
1 unit
-
- Partisi alumunium super
1 set
3 KPA + 1 pencucian sterilisasi gallon + 1 pemilasan (lantai keramik + lampu decolite) + display UV system)
- Piping, Valve Dll
1 set
Menggunakan pipa kualitas terbaik RUCIKA (KD system instalasi)

Keuangan
Total biaya pembangunan usaha Air Isi Ulang tersebut sebesar Rp 145.000.000, dengan rincian sebagai berikut.
1.    Pembelian tanah tempat usaha 60 m2                                Rp   45.000.000
2.    Biaya bangunan Rp 1.000.000/m2 x 36 m2                       Rp   36.000.000
3.    Mesin dan peralatan Air Isi Ulang                                     Rp   35.000.000
4.    2 Unit motor bebek                                                         Rp   24.000.000
5.    Modal Kerja (Pembelian gallon, air, tisu, sabun, dll)          Rp.    5.000.000 +
                                           Grand Total                            Rp 145.000.000
- Sumber Dana Investasi
Kebutuhan dana dalam pembangunan usaha ini berasal dari dana sendiri dan dana pinjaman dari bank. Yaitu:
Modal sendiri                                        Rp     85.000.000
Kredit Bank                                         Rp    60.000.000 +
Total Investasi                                     Rp   145.000.000,-
- Pembayaran Kredit Investasi
Sedangkan pembayaran kredit akan selama 1 tahun dengan bunga pinjaman 14% per tahunnya.
i = 14%
i efektif = 14% / 12 = 1,167 %
n = 12
A = 60.000.000 (A/P, 1,167%, 12) = Rp 5.559.219
            Jadi kredit investasi per bulannya ialah Rp 5.559.219

CASH FLOW
MARR 14%







Bulan
Galon
Rupiah
Perumahan
Perusahaan
Total
Masuk
Keluar
Kredit
Keuntungan
0
0
0
0
 85.000.000
 145.000.000
0
-60.000.000
Agustus
5.100
2.900
8.000
 24.000.000
    8.400.000
5.559.219
10.040.781
September
5.380
3.020
8.400
 25.200.000
    8.820.000
5.559.219
10.820.781
Oktober
5.800
3.200
9.000
 27.000.000
    9.450.000
5.559.219
11.990.781
Nopember
6.150
3.350
9.500
 28.500.000
    9.975.000
5.559.219
12.965.781
Desember
6.640
3.560
10.200
 30.600.000
    10.710.000
5.559.219
14.330.781
Januari
6.990
3.710
10.700
  32.100.000
    11.235.000
5.559.219
15.305.781
Februari
6.340
3.860
10.200
 30.600.000
    10.710.000
5.559.219
14.330.781
Maret
7.690
4.010
11.700
  35.100.000
   12.285.000
5.559.219
17.255.781
April
7.900
4.100
12.000
 36.000.000
   12.600.000
5.559.219
17.840.781
Mei
8.040
4.160
12.200
 36.600.000
    12.810.000
5.559.219
18.230.781
Juni
8.250
4.250
12.500
 37.500.000
    13.125.000
5.559.219
18.815.781
Juli
8.460
4.340
12.800
 38.400.000
   13.440.000
5.559.219
19.400.781








P
60.000.000




NPV in
Rp432.051.738,56
i
14%




NPV out
Rp265.139.031,07
n
12




NPV total
Rp166.912.707,49
I eff= 14% / 12
0,01166667




BCR
1,629528994
A= P (A/P, i, n)
5.559.219




IRR
20%

KESIMPULAN
Analisis investasi Usaha Isi Ulang Air Minum ini, yaitu:

a) Nilai Net Present Value (NVP) = Rp166.912.707,49 (NVP > 0)
Dengan mengacu kriteria metode Net Present Value (NPV), maka investasi dikatakan layak jika NPV > 0, sedangkan jika NPV < 0 maka investasi dikatakan tidak layak. Maka Usaha Isi Ulang Air Minum ini adalah layak.

b) Nilai Benefit Cost Ratio (BCR) = 1,629528994 (BCR > 1)
Dengan mengacu kriteria metode Benefit Cost Ratio (BCR), suatu investasi dikatakan layak bila BCR >1 . Sebaliknya bila BCR < 1 maka investasi dikatakan tidak layak. Maka Usaha Isi Ulang Air Minum ini adalah layak.

c) Nilai Internal Rate of Return (IRR) = 20% (IRR > MARR)
Dengan mengacu kriteria metode Internal Rate of Return (IRR), suatu investasi dikatakan layak bila IRR > MARR. Sebaliknya bila IRR < MARR maka investasi dikatakan tidak layak. Maka Usaha Isi Ulang Air Minum ini adalah layak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENILAIAN TES DAN NON-TES

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang             Penilaian adalah hal yang penting dilakukan dalam proses pembelajaran. Penilaian pun ada bermacam-macam cara, yaitu melalui tes dan non-tes.             Pada paper saya kali ini ingin menjelaskan jenis-jenis penilaian baik dari penilaian test dan penilaian non-test, beserta contoh.