Langsung ke konten utama

MEMBUAT INDIKATOR DAN SOAL



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
            Evaluasi Pembelajaran adalah mata kuliah lanjutan setelah Perencanaan Pembelajaran. Dalam tahap awal perkuliahan dibuatlah tugas awal.
            Pada paper saya kali ini terdapat indikator dan soal yang menyangkut bidang Teknik Sipil. Indikator dan soal yang saya buat tersebut berdasarkan dari domain kognitif, afektif, dan psikomotorik.


BAB II
ISI PAPER
A. Indikator
            1. Domain Kognitif (Bloom)
Pengetahuan  : Memberikan definisi beton.
Pemahaman   : Menjelaskan proses pengerjaan campuran beton.
Penerapan      : Menentukan takaran campuran beton.
Analisa           : Menguraikan isi campuran beton.
Sintesa           : Mendesain campuran beton.
Evaluasi         : Memperhitungkan kekuatan beton.
            2. Domain Kognitif (Anderson)
Menghafal     : Menyebutkan pengertian dinding.
Memahami     : Mengklasifikasikan jenis dinding.
Menerapkan   : Memilih jenis dinding sesuai fungsi.
Menganalisis  : Menguraikan material pembentuk dinding.
Mengevaluasi : Menyesuaikan susunan batako pada dinding.
Membuat       : Merancang susunan batako pada pembuatan dinding.
            3. Domain Afektif (David Krathwohl)
Penerimaan    : Mematuhi aturan K3.
Jawaban         : Menjawab pengertian K3.
Penilaian        : Melengkapi kegiatan praktek dengan alat K3.
Organisasi      : Mengelola kegiatan praktek sesuai K3.
Karakteristik  : Mengubah prilaku saat praktek sesuai K3.
            4. Domain Psikomotorik (Dave)
Imitasi            : Memposisikan gergaji sesuai pada tempatnya.
Manipulasi     : Mendemonstrasikan cara menggunakan gergaji.
Ketepatan      : Memperlihatkan ketepatan dalam menggergaji.
Artikulasi       : Mengoperasikan gergaji sesuai aturan.
Naturalisasi    : Menggunakan gergaji untuk menggergaji kayu.

B. Soal
            1. Domain Kognitif (Bloom)
Pengetahuan  : Apa yang dimaksud dengan beton?
Pemahaman   : Jelaskan proses pengerjaan campuran beton!
Penerapan      : Tentukan takaran campuran beton untuk dinding kamar mandi!
Analisa           : Uraikan isi campuran beton!
Sintesa           : Desain campuran beton untuk beton berkekuatan 250 Mpa!
Evaluasi         : Hitunglah kekuatan beton untuk rumah tinggal sederhana!
            2. Domain Kognitif (Anderson)
Menghafal     : Sebutkan pengertian dinding!
Memahami     : Sebutkan klasifikasi jenis dinding sesuai fungsinya!
Menerapkan   : Apa jenis dinding yang digunakan untuk ruangan studio musik?
Menganalisis  : Uraikanlah material pembentuk dinding!
Mengevaluasi : Bagaimana susunan batako pada dinding yang bersimpangan?
Membuat       : Gambarlah rancangan susunan batako pada pembuatan dinding!
            3. Domain Afektif (David Krathwohl)
Penerimaan    : Mengapa kita harus mematuhi aturan K3 dalam bekerja?
Jawaban         : Apa pengertian K3 secara rinci?
Penilaian        : Apa saja alat K3 yang harus ada di Lab. Beton?
Organisasi      : Bagaimana manajemen K3 dalam bekerja?
Karakteristik  : Mengapa K3 penting? Jelaskan!
            4. Domain Psikomotorik (Dave)
Imitasi            : Bagaimana cara menyimpan gergaji?
Manipulasi     : Bagaimana cara menggunakan gergaji yang benar?
Ketepatan      : Bagaimana posisi badan ketika menggergaji?
Artikulasi       : Jelaskan pengoperasian gergaji yang benar?
Naturalisasi    : Bagaimana hasil kayu yang dgergaji bila menggergaji dengan benar? Jelaskan!

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
            Jadi, indikator dan soal dalam evaluasi tersebut itu adalah hal yang berkesinambungan. Soal dibuat berdasarkan indikator.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL USAHA ISI ULANG AIR MINUM

Latar Belakang Dalam era pembangunan dan perindustrian pada saat ini telah meningkatkan taraf hidup manusia, akan tetapi pembangunan menjadi suatu dampak pencemaran air yang sangat menyolok. Sungai-sungai dan sumber-sumber air banyak tercemar unsur kimia organik, non organik, logam berat, dan sebagainya yang dapat membawa kerugian fatal bagi tubuh manusia. Air yang tercemar bukan saja kehilangan daya detoksifikasinya untuk melancarkan metabolisme sel tubuh, tetapi juga merugikan tubuh kita.

PENILAIAN TES DAN NON-TES

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang             Penilaian adalah hal yang penting dilakukan dalam proses pembelajaran. Penilaian pun ada bermacam-macam cara, yaitu melalui tes dan non-tes.             Pada paper saya kali ini ingin menjelaskan jenis-jenis penilaian baik dari penilaian test dan penilaian non-test, beserta contoh.