BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Evaluasi Pembelajaran adalah mata kuliah lanjutan setelah
Perencanaan Pembelajaran. Dalam tahap awal perkuliahan dibuatlah tugas awal.
Pada paper saya kali ini terdapat indikator dan soal yang
menyangkut bidang Teknik Sipil. Indikator dan soal yang saya buat tersebut
berdasarkan dari domain kognitif, afektif, dan psikomotorik.
BAB II
ISI PAPER
A. Indikator
1. Domain Kognitif (Bloom)
Pengetahuan : Memberikan definisi beton.
Pemahaman : Menjelaskan proses pengerjaan campuran beton.
Penerapan : Menentukan takaran campuran beton.
Analisa :
Menguraikan isi campuran beton.
Sintesa :
Mendesain campuran beton.
Evaluasi : Memperhitungkan kekuatan beton.
2. Domain Kognitif (Anderson)
Menghafal :
Menyebutkan pengertian dinding.
Memahami : Mengklasifikasikan
jenis dinding.
Menerapkan :
Memilih jenis dinding sesuai fungsi.
Menganalisis :
Menguraikan material pembentuk dinding.
Mengevaluasi : Menyesuaikan susunan batako pada dinding.
Membuat :
Merancang susunan batako pada pembuatan dinding.
3. Domain
Afektif (David Krathwohl)
Penerimaan : Mematuhi aturan K3.
Jawaban :
Menjawab pengertian K3.
Penilaian :
Melengkapi kegiatan
praktek dengan alat K3.
Organisasi :
Mengelola kegiatan
praktek sesuai K3.
Karakteristik :
Mengubah prilaku
saat praktek sesuai K3.
4.
Domain Psikomotorik (Dave)
Imitasi : Memposisikan gergaji sesuai pada tempatnya.
Manipulasi :
Mendemonstrasikan
cara menggunakan gergaji.
Ketepatan :
Memperlihatkan
ketepatan dalam menggergaji.
Artikulasi :
Mengoperasikan
gergaji sesuai aturan.
Naturalisasi : Menggunakan gergaji untuk menggergaji kayu.
B. Soal
1. Domain Kognitif (Bloom)
Pengetahuan : Apa yang dimaksud dengan beton?
Pemahaman : Jelaskan proses pengerjaan campuran beton!
Penerapan : Tentukan takaran campuran beton untuk dinding kamar mandi!
Analisa :
Uraikan isi campuran beton!
Sintesa :
Desain campuran beton untuk beton berkekuatan 250 Mpa!
Evaluasi : Hitunglah kekuatan beton untuk rumah tinggal sederhana!
2. Domain Kognitif (Anderson)
Menghafal :
Sebutkan pengertian dinding!
Memahami :
Sebutkan klasifikasi jenis dinding sesuai fungsinya!
Menerapkan : Apa
jenis dinding yang digunakan untuk ruangan studio musik?
Menganalisis :
Uraikanlah material pembentuk dinding!
Mengevaluasi : Bagaimana susunan batako pada dinding yang
bersimpangan?
Membuat :
Gambarlah rancangan susunan batako pada pembuatan dinding!
3. Domain
Afektif (David Krathwohl)
Penerimaan : Mengapa kita harus mematuhi aturan K3 dalam bekerja?
Jawaban :
Apa pengertian K3 secara rinci?
Penilaian :
Apa saja alat K3
yang harus ada di Lab. Beton?
Organisasi :
Bagaimana manajemen
K3 dalam bekerja?
Karakteristik :
Mengapa K3 penting?
Jelaskan!
4.
Domain Psikomotorik (Dave)
Imitasi : Bagaimana cara menyimpan gergaji?
Manipulasi :
Bagaimana cara
menggunakan gergaji yang benar?
Ketepatan :
Bagaimana
posisi badan ketika menggergaji?
Artikulasi :
Jelaskan
pengoperasian gergaji yang benar?
Naturalisasi : Bagaimana hasil kayu yang dgergaji bila menggergaji dengan benar? Jelaskan!
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Jadi, indikator dan soal dalam
evaluasi tersebut itu adalah hal yang berkesinambungan. Soal dibuat berdasarkan
indikator.
Komentar
Posting Komentar