Langsung ke konten utama

PENILAIAN SIKAP DAN PENILAIAN UNJUK KERJA



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Penilaian sikap dan penilaian diri, serta penilaian unjuk kerja merupakan pembahasan dalam mata kuliah Evaluasi Pembelajaran.
Pada paper saya kali ini akan membahas mengenai, judul skripsi terkait sikap, mencari definisi operasional judul tersebut, apa saja yang dinilai, dan bagaimana menilainya, dan mencari pengertian definisi penilaian unjuk kerja beserta contoh soal serta membuat skala penilaiannya.


BAB II
ISI PAPER
A. Judul Skripsi Terkait Sikap
Judul Skripsi “Hubungan antara Disiplin dan Tanggung Jawab Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas II di SMA Negeri 22 Utan Kayu Jakarta Timur” oleh Samsuri.
            1. Definisi Operasional
            Disiplin sangat diperlukan dalam belajar, sebab dengan displin akan timbul keyakinan diri bahwa disiplin membawa manfaat menuju kesuksesan belajar.
            Disiplin menuntut seseorang untuk merencanakan apa yang akan dilakukan nantinya. Siswa yang disiplin akan bertanggung jawab akan prestasi belajarnya.
            2. Apa yang Dinilai?
                        Dimaksudkan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara disiplin dan tanggung jawab dalam prestasi belajar.
            3. Bagaimana Cara Menilai?
                        Cara menilainya ialah dengan angket (terlampir pada tugas).

B. Penilaian Unjuk Kerja
            1. Definisi
Penilaian unjuk kerja adalah penilaian yang dilakukan dengan mengamati peserta didik dalam melakukan sesuatu. Penilaian ini coco digunakan untuk mengetahui kompetensi siswa secara langsung yaitu dengan menuntut siswa melakukan suatu tugas.
            2. Contoh Soal
Demonstrasikan cara memahat kayu untuk sambungan menyilang dengan benar!
            3. Skala Penilaian
                        Menggunakan skala penilaian, misalnya: 1 = tidak kompeten, 2 = cukup kompeten, 3 = kompeten, dan 4 = sagat kompeten.

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
            Baik dengan judul skripsi yang saya kutip dari orang lain, menjelaskan penilaian sikap dari sisi disiplin dan tanggung jawab. Begitu pula dengan unjuk kerja, merupakan penilaian yang lebih melihat kompetensi siswa secara langsung, dan skala penilaian pada penilaian unjuk kerja bias dibuat dengan kompeten atau tidak kompeten.

DAFTAR PUSTAKA
  • Samsuri. 1989. Hubungan antara Disiplin dan Tanggung Jawab Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas II di SMA Negeri 22 Utan Kayu Jakarta Timur. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan – IKIP Jakarta.
  • Sumarno, Alim. Teknik Asesmen – Penilaian Unjuk Kerja. http://blog.elearning.unesa.ac.id/alim-sumarno/teknik-asesmen-penilaian-unjuk-kerja. Diakses: 07 Oktober 2012, 20.00 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL USAHA ISI ULANG AIR MINUM

Latar Belakang Dalam era pembangunan dan perindustrian pada saat ini telah meningkatkan taraf hidup manusia, akan tetapi pembangunan menjadi suatu dampak pencemaran air yang sangat menyolok. Sungai-sungai dan sumber-sumber air banyak tercemar unsur kimia organik, non organik, logam berat, dan sebagainya yang dapat membawa kerugian fatal bagi tubuh manusia. Air yang tercemar bukan saja kehilangan daya detoksifikasinya untuk melancarkan metabolisme sel tubuh, tetapi juga merugikan tubuh kita.

PENILAIAN TES DAN NON-TES

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang             Penilaian adalah hal yang penting dilakukan dalam proses pembelajaran. Penilaian pun ada bermacam-macam cara, yaitu melalui tes dan non-tes.             Pada paper saya kali ini ingin menjelaskan jenis-jenis penilaian baik dari penilaian test dan penilaian non-test, beserta contoh.