BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Penilaian
sikap dan penilaian diri, serta penilaian unjuk kerja merupakan pembahasan
dalam mata kuliah Evaluasi Pembelajaran.
Pada paper saya kali ini akan membahas
mengenai, judul
skripsi terkait sikap, mencari definisi operasional judul tersebut, apa saja
yang dinilai, dan bagaimana menilainya, dan mencari pengertian definisi
penilaian unjuk kerja beserta contoh soal serta membuat skala penilaiannya.
BAB II
ISI PAPER
A. Judul
Skripsi Terkait Sikap
Judul
Skripsi “Hubungan antara Disiplin dan Tanggung Jawab Belajar dengan Prestasi
Belajar Siswa Kelas II di SMA Negeri 22 Utan Kayu Jakarta Timur” oleh Samsuri.
1. Definisi
Operasional
Disiplin sangat diperlukan dalam
belajar, sebab dengan displin akan timbul keyakinan diri bahwa disiplin membawa
manfaat menuju kesuksesan belajar.
Disiplin menuntut seseorang untuk
merencanakan apa yang akan dilakukan nantinya. Siswa yang disiplin akan
bertanggung jawab akan prestasi belajarnya.
2. Apa
yang Dinilai?
Dimaksudkan untuk mengetahui apakah terdapat
hubungan antara disiplin dan tanggung jawab dalam prestasi belajar.
3. Bagaimana
Cara Menilai?
Cara
menilainya ialah dengan angket (terlampir pada tugas).
B. Penilaian
Unjuk Kerja
1. Definisi
Penilaian unjuk kerja adalah penilaian yang
dilakukan dengan mengamati peserta didik dalam melakukan sesuatu. Penilaian ini
coco digunakan untuk mengetahui kompetensi siswa secara langsung yaitu dengan
menuntut siswa melakukan suatu tugas.
2. Contoh
Soal
Demonstrasikan cara memahat kayu untuk sambungan
menyilang dengan benar!
3. Skala
Penilaian
Menggunakan skala
penilaian, misalnya: 1 = tidak kompeten, 2 = cukup kompeten, 3 = kompeten, dan
4 = sagat kompeten.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Baik dengan judul skripsi yang saya kutip dari orang lain,
menjelaskan penilaian sikap dari sisi disiplin dan tanggung jawab. Begitu pula
dengan unjuk kerja, merupakan penilaian yang lebih melihat kompetensi siswa
secara langsung, dan skala penilaian pada penilaian unjuk kerja bias dibuat
dengan kompeten atau tidak kompeten.
DAFTAR PUSTAKA
- Samsuri. 1989. Hubungan antara Disiplin dan Tanggung Jawab Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas II di SMA Negeri 22 Utan Kayu Jakarta Timur. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan – IKIP Jakarta.
- Sumarno, Alim. Teknik Asesmen – Penilaian Unjuk Kerja. http://blog.elearning.unesa.ac.id/alim-sumarno/teknik-asesmen-penilaian-unjuk-kerja. Diakses: 07 Oktober 2012, 20.00 WIB.
Komentar
Posting Komentar